Herbal Untuk Nafsu Makan Anak


Stunting dan malnutrisi masih menjadi masalah serius di Indonesia, dan menurut Kemenkes, 53% kasusnya terjadi karena rendahnya nafsu makan anak. Nafsu makan anak yang menurun memang bikin ibu khawatir, untungnya Indonesia adalah negara kaya dengan tanaman rempah melimpah yang berkhasiat dalam meningkatkan nafsu makan anak.


Anak yang susah makan memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Memang masalah ini sangat umum terjadi pada umur belia, namun jika nafsu makan tidak kunjung membaik, anak dapat mengalami masalah kekurangan gizi. Tidak perlu khawatir, ibu bisa meningkatkan nafsu makan anak dengan ramuan herbal berikut!


Herbal Untuk Nafsu Makan Anak

Banyak cara untuk mengatasi nafsu makan anak yang menurun, beberapa rempah tradisional telah terbukti secara empiris mampu meningkatkan nafsu makan. Terlebih, tidak begitu sulit untuk mencarinya, ibu bahkan bisa menemukannya di sekitar pekarangan rumah. Apa saja tanaman herbal tersebut?


1. Temulawak

Manfaat temulawak sebagai perangsang nafsu makan telah terbukti sejak dahulu secara empiris. Klaim manfaat tersebut juga telah terbukti secara ilmiah, menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Biodiversitas, temulawak terbukti mampu merangsang enzim yang membuat anak merasa lapar, sehingga menimbulkan keinginan anak untuk terus makan.


Terlebih, manfaat temulawak tidak terbatas untuk mengatasi nafsu makan anak yang menurun. Kurkumin di dalam temulawak adalah senyawa yang bersifat anti-bakteri, kandungan tersebut bisa membantu meredakan dan berpotensi mengatasi penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan, seperti peradangan, mual, kembung, dan sebagainya.


2. Kunyit

Ibu pasti mengenal tanaman obat satu ini, kunyit juga mengandung senyawa kurkumin, sama seperti temulawak. Kunyit memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi nafsu makan yang menurun. Menurut penelitian dalam jurnal Universitas Brawijaya, kunyit bisa mempercepat pengosongan isi lambung sehingga nafsu makan meningkat, kunyit juga mampu memperlancar pengeluaran empedu sehingga aktivitas saluran pencernaan meningkat.


Selain itu, senyawa di dalam kunyit juga bisa membantu melancarkan kinerja otot saluran pencernaan. Bahkan, ahli juga meyakini jika hal ini bisa membantu meredakan perut kembung dan masalah irritable bowel syndrome yang diderita oleh pencernaan anak ibu.


3. Temu Hitam


Menurut penelitian yang terbit di Journal of Pharmacy and Technology, temu hitam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sesaat sebelum makan, karena senyawanya bisa langsung memengaruhi lambung. Temu hitam memiliki minyak atsiri yang berpotensi menurunkan lemak, sehingga bisa memicu nafsu makan pada pencernaan anak. Terlebih, kurkumin di dalamnya juga membuat otot sistem pencernaan lebih rileks.


Selain mengatasi nafsu makan yang menurun, temu hitam juga bisa membantu anak ibu dalam melawan cacing yang mencuri nutrisi di dalam pencernaan. Temu hitam memiliki sifat antelmintik, senyawanya mampu melumpuhkan dan mengatasi penyakit cacingan yang kerap menyerang anak. Manfaat ini telah terbukti sejak lama secara empiris di masyarakat.


Nafsu Makan Menurun, Anak Tidak Suka Pahit?

Daftar herbal tersebut bisa membantu ibu dalam mengatasi nafsu makan anak yang menurun. Terlebih, cukup mudah menemui bahan-bahan tersebut di sekitar rumah. Namun terkadang, masalahnya adalah anak yang tidak suka rasa pahit, sementara semua ramuan tersebut memiliki rasa khas yang kuat di lidah dan tenggorokan.


Baik temulawak, kunyit, atau temu hitam, sering kali diolah dalam bentuk cairan cekok atau minuman peras oleh peracik jamu. Selain rasa yang pahit, cara pengolahan ini sebetulnya masih berpotensi membawa mikroba yang membuat perut anak tidak nyaman. Cara pemberian seperti ini juga cenderung sulit, anak kerap rewel dan menolak karena rasanya.


Tenang, Ada Solusinya

Untungnya, saat ini ibu bisa memanfaatkan produk obat herbal anak bernama Syifa Kids Nafsu Makan. Produk ini memiliki bahan utama temulawak, kunyit, dan temu hitam sebagai perangsang nafsu makan anak. Agar rasanya manis dan untuk menambah protein, mineral, dan vitamin, Syifa Kids Nafsu Makan juga diformulasikan bersama madu murni.


Obat herbal anak yang telah terdaftar BPOM ini juga mengandung komposisi ikan gabus dan propolis. Ikan gabus ini memiliki kadar albumin yang tinggi, sehingga harapannya penyebaran nutrisi pada anak ibu bisa lebih baik. Karena albumin memang berperan dalam pengedaran nutrisi ke seluruh tubuh, juga mampu memperbaiki kondisi gizi pada anak ibu.


Syifa Kids Nafsu Makan


Penutup

Pada periode emas ini, pertumbuhan anak sangatlah cepat, dari tubuh hingga kemampuan otaknya. Untuk itu, ibu perlu mendukungnya, bila terjadi kekurangan nutrisi pada masa-masa tersebut akan berakibat pada perkembangan yang tidak optimal. Ibu bisa memanfaatkan beberapa herbal di atas jika nafsu makan anak menurun, namun jika anak tidak suka rasa pahit, Syifa Kids Nafsu Makan bisa menjadi solusi.

Komentar